Toyota Camry adalah mobil sedan kelas menengah atas yang pasar utamanya adalah Amerika dan AustralianCamry meraih Mobil Terlaris di AS
dari tahun 1997 sampai 2000, dan 2002 sampai sekarang. Camry juga
dijual di Jepang, serta berbagai negara Asia, Timur Tengah, dan Amerika
Latin. Di Eropa, Camry tidak begitu laku, dan sekarang tidak dipasarkan
lagi.
Pada mulanya Camry berawal dari Celica Camry yang merupakan versi mahal dari Toyota Carina. Mobil ini hanya dijual di Jepang dari tahun 1980 sampai 1982.
Sejak
tahun 2000 Camry mulai memasuki pasar Indonesia untuk menggantikan
posisi Toyota Corona Absolute yang sudah tidak diproduksi lagi.
Camry semakin besar dan mewah. Mesin 2400 cc tetap tersedia, ditambah
dengan mesin baru 2GR-FE 3500 cc V6 Dual VVT-i, serta mesin 2400 cc
dengan Hybrid.
Di Australia Camry hanya dijual dengan mesin 2400 cc, karena untuk
segment mesin besar, 3500 cc, Toyota mulai memasarkan model dengan nama
baru yaitu Toyota Aurion, meskipun pada dasarnya adalah Camry dengan panel body depan dan belakang yang berbeda.
Di beberapa negara Asia seperti China, Malaysia, dan Indonesia,
Aurion dipasarkan dengan nama Camry. Untuk Indonesia, Camry tersedia
dalam trim level 2.4 G, 2.4 V, dan 3.5 Q. Camry 3.5 Q merupakan model
yang mewah dan hampir sama dengan Aurion 3.5 Presara.
Amerika Serikat tetap merupakan pasar terbesar untuk Camry, dimana
tersedia Camry CE, LE, SE, XLE, dan Hybrid. Camry Amerika dan juga yang
dijual di Jepang memiliki lampu depan dan grille yang lebih tipis serta
lampu belakang yang berbeda dari Camry Asia atau Aurion.
Camry versi Amerika & Australia digunakan sebagai armada taksi premium di Indonesia.
Untuk
model tahun 2010 Camry mendapat facelift dengan bumper, grille, dan
lampu depan baru. Mesin 2400 cc digantikan oleh mesin baru 2500 cc.
Camry
terbaru diperkenalkan di Amerika Serikat pada akhir tahun 2011 untuk
model tahun 2012. Di Indonesia, Camry ini mulai dijual tahun 2012 dengan
pilihan 2.5 G, 2.5 V, dan 2.5 Hybrid.
 |
Depan Samping |
 |
Belakang Samping |
Interior
 |
Dashboard |
 |
Interior |
Spesifikasi
MODEL / TYPE |
3.5 Q A/T |
2.4 V A/T |
2.4 G A/T |
DIMENSI & BERAT / DIMENSIONS & WEIGHT |
Panjang / Overall Length ( mm ) |
4,825 |
Lebar / Overall Width ( mm ) |
1,820 |
Tinggi / Overall Height ( mm ) |
1,470 |
Jarak Poros Roda / Wheelbase (mm) |
2,775 |
Jarak Pijak / Tread |
Depan / Front ( mm ) |
1,575 |
Belakang / Rear ( mm ) |
1,565 |
Berat Kosong / Curb Weight ( kg ) |
1,610 |
1,500 |
1,480 |
MESIN / ENGINE |
2GR – FE |
2AZ – FE |
Tipe Mesin / Engine Type |
V6, 24 Katup, DOHC, Dual VVT-i / V6, 24 Valve, DOHC, Dual VVT-i |
4 IL, 16 Katup, DOHC, VVT-i / IL 4, 16 Valve, DOHC, VVT-i |
Isi Silinder / Displacement ( cc ) |
3,456 |
2,362 |
Daya Maksimum / Maximum Horse Power ( ps/rpm) |
277 / 6,200 |
167 / 6,000 |
Torsi Maksimum / Maximum Torque (kgm/rpm) |
35.3 / 4,700 |
22.8 / 4,000 |
Sistem Bahan Bakar / Fuel System |
Sistem Injeksi Bahan Bakar Elektronik / Electronic Fuel Injection (EFI) |
Bahan Bakar / Fuel |
Bensin Tanpa Timbal / Unleaded Gasoline |
Kapasitas Tangki / Fuel Tank Capacity (ltr) |
70 |
SASIS / CHASSIS |
Transmisi /Transmission |
Otomatis 6 Kecepatan, Sequential / 6 Speed Automatic, Sequential |
Otomatis 5 Kecepatan, Sequential / 5 Speed Automatic, Sequential |
Perbandingan Gigi / Gear Ratio |
1st |
3.300 |
3.943 |
2nd |
1.900 |
2.197 |
3rd |
1.420 |
1.413 |
4th |
1.000 |
975 |
5th |
713 |
703 |
6th |
608 |
- |
Reverse |
4.148 |
3.145 |
Perbandingan Gigi Akhir / Final Gear Ratio |
3.685 |
3.391 |
Sistem Kemudi / Steering System |
Power Steering, Rack & Pinion / Rack & Pinion with Power Steering |
Suspensi / Suspension |
Depan / Front ( mm ) |
MacPherson Strut dengan Pegas Koil & Stabilizer / MacPherson Strut with Coil Spring & Stabilizer |
Belakang / Rear ( mm ) |
Dual Link Strut dengan Pegas Koil & Stabilizer / Dual Link Strut with Coil Spring & Stabilizer |
Sistem Rem / Brake System |
Depan / Front ( mm ) |
Cakram Berventilasi dengan ABS + EBD & BA / Ventilated Disc with ABS + EBD & BA |
Belakang / Rear ( mm ) |
Cakram dengan ABS + EBD & BA / Disc with ABS + EBD & BA |
Ukuran Ban / Tyre Size |
215 / 55 R17 |
215 / 60 R16 |
*
Untuk peningkatan mutu dan penyesuaian dengan perkembangan teknologi,
PT Toyota Astra Motor sewaktu-waktu dapat mengubah spesifikasi,
perlengkapan standart atau data lain dalam lembar spesifikasi ini. / PT
Toyota Astra Motor reserves the right to alter any details of
specifications and equipments without prior notice. |
*
Pilihan warna dalam brosur dapat sedikit berbeda dengan warna mobil
sesungguhnya. / Color option in the brochure might slightly be different
from the actual color of the cars. |
All New Toyota Vios
Toyota Vios adalah mobil sedan kecil yang dibuat oleh Toyota Motor Thailand untuk pasar Asia Tenggara. Vios juga dibuat dan dijual di Cina.
Vios
menggunakan platform P yang sama dengan Vitz/Yaris,
dan Echo/Platz. Seperti mobil kecil Toyota lainnya yang menggunakan
platform sama, Vios juga memiliki dashboard dengan panel instrumen di
tengah. Dan di tahun 2013 ini dalam acara Bangkok International Motor
Show telah diluncurkan All-New Vios, sedan subkompak dari Toyota yang
mengalami perubahan desain secara total, baik eksterior maupun interior.
Toyota Thailand menyebut model baru sebagai Vios generasi ke-4.
Sedan
ini pertama kali diperkenalkan dengan nama Vios pada 2003. Kendati
demikian, Toyota menyebut Vios pertama ini sebagai generasi kedua.
Generasi pertamanya adalah Soluna yang diluncurkan pada 1997 di
Thailand. Generasi kedua – berdasarkan Wikipedia – atau generasi ketiga
versi Toyota diluncurkan pada 2007. Antara generasi pertama (2003) dan kedua (2007), sekilas tidak banyak
perbedaan, kecuali di depan. Sedangkan generasi ketiga lebih gaya dan
sporti. Bahkan melihat sosok Vios sekarang, beberapa pengemarnya menilai sangat sayang bila
digunakan sebagai taksi!
Dimensi
Berdasarkan rilis yang diterbitkan Toyota Jepang dan Thailand, ternyata
dimensi Vios terbaru ini berbeda sedikit dibandingkan yang dipasarkan
sekarang ini (lihat tabel). Vios terbaru lebih panjang dan tinggi.
Toyota pun mengklaim, kelegaan (volume) interior dan bagasi bertambah
sedikit.
Perubahan
mencolok adalah desain lampu depan yang lebih gaya, gril dan pilar C,
interior, dasbor, panel instrumen dan setir. Komponen suspensi depan dan
batang torsi belakang diperkuat secara mekanis.
Untuk mesin,
tidak ada perubahan dari generasi pertama pada 2002, yaitu 1NZ-FE,
berkapasitas 1,5 liter, menghasilkan tenaga 109 PS dan torsi 141 Nm.
Transmisi yang digunakan, 4-percepatan otomatik dan manula 5-percepatan.
Fitur yang disertakan semakin canggih, termasuk keyless entry dan tombol start/stop. Hal tersebut bisa dilihat pada foto galeri Toyota All-New Vios.
 |
Tampak Depan |
 |
Tampak Samping |
 |
Tampak Belakang |
Interior
 |
Dashboard |
 |
Interior |
Spesifikasi
|
|
No comments :
Post a Comment