Toyota Hilux
Merupakan sebuah varian Truck Pick
Up dari Toyota sangat sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Mobil
yang pertama kali diproduksi tahun1968 di negara asalnya, Jepang untuk
menggantikan produk sebelumnya yaitu Strout sejak tahun 1969. Generasi
pertama truck ini diberi kode RN 10 dengan mesin berkapasitas 1500 cc. Revolusi penting terjadi pada generasi ke tiga yang
diproduksi dari tahun 1979 hingga 1983, dimana Toyota mulai
memperkenalkan sistem penggerak 4 roda atau 4 WD pada mobil ini serta
desain double cabin.
Toyota Hilux masuk ke Indonesia pada tahun 2009 yang lalu, yang mana
hadir dalam 2 varian yakni Double cabin (Medium SUV) dan Single Cabin
(High Pick-Up) dan pada peluncuran perdananya telah mendapat antusiasme
yang tinggi dari para penggemar varian truck premium tanah air. Ditilik
dari kualifikasinya, harga Toyota Hilux memang ditujukan bagi a para
executive muda maupun profesional yang berjiwa muda dan mempunyai gairah
petualangan tingi.
Sosoknya yang kekar dengan desain eksterior agresif namun masih
mengesankan sisi elegan layaknya sebuah kendaraan premium, performa yang
handal menjadi alasan mengapa mobil ini begitu diminati. Terlebih
sebagai sebuah Truck Pick UP, segi kenyamanan pun tak luput dari
perhatian Toyota Hilux ini.
Kini generasi terbaru dari Toyota Hilux hadir dengan wajah baru yang
lebih sangar. Sekilas tampilannya mengingatkan pada SUV legendaris milik
Toyota lainnya yaitu Toyota Land Cruiser. Terutama pada desain grill 3
palang baru berlapis chrome, begitupun bumper model terbaru yang nampak
dinamis.
Sedangkan untuk fitur terbaru, Hilux versi 2012 telah dilengkapi
tekhnologi Electronic Stability Control ( ESC ). Mobil yang diimpor dari
Thailand ini menawarkan mesin berbahan bakar bensin dan diesel, serta
dalam pilihan standard single cabin dan double cabin yang exclusive.
 |
Double Cabin |
 |
Single Cabin |
Interior
 |
Dashboard Double Cabin |
 |
Dashboard Single Cabin |
 |
Interior Seat Double Cabin |
 |
Interior Seat Single Cabin |
Spesifikasi
MODEL / TYPE |
SINGLE CABIN |
DOUBLE CABIN |
2.0L Gasoline (Cab & Chassis) M/T |
2.0L Gasoline (Deck) M/T |
2.5L Diesel (Deck) M/T |
2.5 D-Cab 4×4 E M/T |
2.5 D-Cab 4×4 G M/T |
DIMENSI / DIMENSIONS |
Panjang / Overall Length ( mm ) |
4,800 |
5,135 |
5,260 |
Lebar / Overall Width ( mm ) |
1,760 |
1,835 |
Tinggi / Overall Height ( mm ) |
1,680 |
1,850 |
Dek Kargo / Cargo Deck |
Panjang/length (mm) |
- |
1,980 |
1,520 |
Lebar / Width (mm ) |
- |
1,520 |
1,515 |
Tinggi / Height ( mm ) |
- |
450 |
SASIS / CHASSIS |
Sistem Penggerak Roda / Drive System |
Sistem Penggerak Dua Roda / Two-wheel Drive |
Sistem Penggerak Empat Roda / Four-Wheel Drive |
Transmisi /Transmission |
Transmisi Manual, 5 Kecepatan / Manual Transmission, 5 Speed |
Suspensi / Suspension |
Depan / Front |
Double Wishbone dengan Pegas Koil & Stabilizer / Double Wishbone with Coil Spring & Stabilizer |
Belakang / Rear |
Rigid Axle & Pegas Daun / Rigid Axle & Leaf Spring |
Sistem Rem / Brake System |
Depan / Front |
Cakram Berventilasi / Ventilated Disc |
Cakram Berventilasi dengan ABS/ Ventilated Disc with ABS |
Belakang / Rear |
Tromol dengan Leading Trailing / Leading Trailing Drum |
Tromol dengan Leading Trailing & Abs / Leading Trailing Drum with ABS |
Ukuran Ban / Tyre Size |
205 / 70 R15 Steel |
255 / 70 R15 Stylish Steel |
255 / 70 R15 Alloy |
MESIN / ENGINE |
1 TR-FE |
1 TR-FE |
Tipe Mesin / Engine Type |
4 IL, 16 Katup, DOHC, VVT-i / 4 IL, 16 Valve, DOHC, VVT-i |
4 IL, 16 Katup, DOHC, D-4D Turbo / 4 IL, 16 Valve, DOHC, D-4D Turbo |
4 IL, 16 Katup, DOHC, D-4D, Intercooler, VN Turbo / 4 IL, 16 Valve, DOHC, D-4D, Intercooler, VN Turbo |
Isi Silinder / Displacement ( cc ) |
1,998 |
2,494 |
Daya Maksimum / Maximum Horse Power (ps/rpm) |
136 / 5,600 |
102 / 3,600 |
144 / 3,400 |
Torsi Maksimum / Maximum Torque (kgm/rpm) |
18.6 / 4,000 |
20.4 / 1,400 – 3,400 |
35 / 1,600 – 2,800 |
Sistem Bahan Bakar / Fuel System |
Sistem Injeksi Bahan Bakar Elektronik / Electronic Fuel Injection ( EFI ) |
Common Rail Type |
Bahan Bakar / Fuel |
Bensin Tanpa Timbal / Unleaded Gasoline |
Diesel |
Untuk
peningkatan mutu dan penyesuaian dengan perkembangan teknologi, PT
Toyota Astra Motor sewaktu-waktu dapat mengubah spesifikasi,
perlengkapan standart atau data lain dalam lembar spesifikasi ini. / PT
Toyota Astra Motor reserves the right to alter any details of
specifications and equipments without prior notice. |
Pilihan
warna dalam brosur dapat sedikit berbeda dengan warna mobil
sesungguhnya. / Color options in the brochure might slightly be
different from the actual color of the cars. |
Toyota Hiace
Toyota Hiace adalah kendaraan komersial berukuran menengah buatan pabrikan otomotif Toyota
di Jepang. Pertama kali diluncurkan di Jepang tahun 1967, sampai
sekarang Toyota Hiace digunakan secara luas dalam berbagai konfigurasi
untuk kebutuhan berbagai macam bisnis.
Untuk keluaran terbaru, tuas transmisi Hiace dipindah ke dasbor mobil
untuk lebih mempermudah gerak di dalam kabin. Transmisi yang tersedia
antara lain manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan. Semua model mesinnya memakai mesin 4 silinder DOHC, dengan varian bensin berkode 1TR-FE 2.000 cc atau 2TR-FE 2.700 cc dan mesin diesel berkode 2KD-FTV 2.500 cc atau 1KD-FTV 3.000 cc D-4D. Mesin 2.5L turbodieselnya bertenaga 75 kW @3.600 rpm, dan mempunyai torsi 260 Nm @ 1.600-2.400 rpm. Sedangkan mesin turbo diesel 3.0L mempunyai tenaga 80 kW @ 3.000 rpm dengan torsi maksimum 286 Nm @ 1.200-1.600 rpm. Mesin bensin 2.7L bertenaga 111 kW @ 4,800 rpm dengan torsi maksimum 241 Nm @ 3,800 rpm.
Toyota Hiace kembali masuk ke Indonesia setelah event Indonesia
International Motor Show dalam bentuk CBU (Completely Built Up) dari
Jepang. Tersedia dalam 2 tipe yaitu High Grade (standar) dan High Grade
Commuter (versi lebih mewah), namun sama-sama menggunakan mesin 2KD-FTV
2.5L Turbocharged.
 |
Toyota Hiace |
Interior
 |
Dashboard |
 |
Interior Seat |
Spesifikasi
Toyota Dyna
Truck andalan Toyota ini
sangat sesuai untuk menjadi kendaraan niaga terutama dalam hal
transportasi produk yang membutuhkan kapasitas menengah atau besar.
Dengan kerangka yang kokoh serta mesin yang handal, Dyna mampu melewati
segala jenis medan dengan muatan maksimal hingga sangat membantu dalam
kelancaran distribusi usaha.
Dengan banyaknya model usaha yang terdapat di Indonesia, tentunya
membutuhkan jenis kendaraan niaga serbaguna yang berbeda pula sesuai
kebutuhannya. Untuk itulah Toyota Astra Motor memberikan bermacam pula
varian atau type truck Dyna ini agar konsumen dapat memilih kendaraan
yang sesuai untuk jenis kebutuhan usahanya. Toyota pun mendesain Dyna
sedemikian rupa hingga bisa dikonversikan sebagai truk bak kayu, truk
bak besi, truk boks hingga truk tangki bahkan micro bus dan minibus.
Kebebasan konsumen untuk memilih harga dan spesifikasi Toyota Dyna
yang beragam terlihat dengan menyediakan Truck ini dalam bentuk small
truck 4 roda yang gesit namun tangguh dan cocok sebagai kendaraan angkut
didalam kota maupun untuk mengangkut muatan yang tidak terlalu berat.
Serta jenis truck 6 roda untuk mengangkut muatan barang yang lebih
maksimal dan jarak yang relatif lebih jauh.
 |
Truk Dyna |
Interior
 |
Dashboard |
Spesifikasi
 |
Mesin |
No comments :
Post a Comment